Shalat jama’ dengan satu adzan dan dua iqamah.
عَنْ جَابِرٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى الصَّلاَتَيْنِ بِعَرَفَةَ بِاَذَانٍ وَاحِدٍ وَ اِقَامَتَيْنِ. وَ اَتَى اْلمُزْدَلِفَةَ، فَصَلَّى بِهَا اْلمَغْرِبَ وَ اْلعِشَاءَ بِاَذَانٍ وَاحِدٍ وَ اِقَامَتَيْنِ، وَ لَمْ يُسَبّحْ بَيْنَهُمَا، ثُمَّ اضْطَجَعَ حَتَّى طَلَعَ اْلفَجْرُ. مختصر لاحمد و مسلم و النسائى، فى نيل الاوطار 3: 248
Dari Jabir RA bahwasanya Nabi SAW shalat jama’ di ‘Arafah dengan satu adzan dan dua iqamah. Dan datang ke Muzdalifah, lalu shalat Maghrib dan’Isyak dengan satu adzan dan dua iqamah, dan tidak shalat sunnah diantara keduanya, kemudian tidur hingga terbit fajar. [Diringkas dari riwayat Ahmad, Muslim dan Nasaiy, dalam Nailul Authar juz 3, hal. 248]
Shalat malam dalam safar.
عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ اَخْبَرَهُ اَنَّ اَبَاهُ اَخْبَرَهُ اَنَّهُ رَأَى رَسُوْلَ اللهِ ص يُصَلّى السُّبْحَةَ بِاللَّيْلِ فِى السَّفَرِ عَلَى ظَهْرِ رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ. مسلم 1: 488
Dari Dari Ibnu Syihab, dari ‘Abdullah bin ‘Amir bin Rabi’ah, dia bercerita kepadanya, bahwa ayahnya pernah mengkhabarkan kepadanya, bahwa dia pernah menyaksikan Rasulullah SAW melakukan shalat sunnah malam dalam perjalanan di atas punggung kendaraannya, ke arah manapun kendaraan itu menghadap. [HR. Muslim juz 1, hal. 488]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ اَنَّ عَامِرَ بْنَ رَبِيْعَةَ اَخْبَرَهُ، قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص وَ هُوَ عَلَى الرَّاحِلَةِ يُسَبّحُ يُوْمِئُ بِرَأْسِهِ قِبَلَ اَيّ وَجْهٍ تَوَجَّهَ، وَ لَمْ يَكُنْ رَسُوْلُ اللهِ ص يَصْنَعُ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ اْلمَكْتُوْبَةِ. البخارى 2: 37
Dari ‘Abdulah bin ‘Amir bin Rabi’ah, bahwasanya ‘Amir bin Rabi’ah mengkhabarkan kepadanya, ia berkata, “Saya pernah melihat Rasulullah SAW shalat sunnah di atas kendaraan menghadap ke arah manasaja, beliau berisyarat dengan kepala beliau. Namun beliau tidak melakukan yang demikian itu dalam shalat wajib”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 37]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص يُصَلّى وَ هُوَ عَلَى رَاحِلَتِهِ النَّوَافِلَ فِى كُلّ جِهَةٍ، وَ لكِنْ يَخْفِضُ السُّجُوْدَ مِنَ الرُّكُوْعِ وَ يُوْمِئُ اِيْمَاءً. احمد، فى نيل الاوطار 2: 192
Dari Jabir, ia berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah SAW shalat sunnah di atas kendaraannya, dengan menghadap kemana saja. Dan beliau lebih menundukkan sujud daripada ruku’ dan beliau shalat dengan berisyarat”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 192]
عَنْ نَافِعٍ قَالَ: كَانَ ابْنُ عُمَرَ رض يُصَلّى عَلَى رَاحِلَتِهِ وَ يُوْتِرُ عَلَيْهَا وَ يُخْبِرُ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَفْعَلُهُ. البخارى 2: 37
Dari Nafi’ ia berkata : Dahulu Ibnu ‘Umar RA pernah shalat di atas kendaraannya, dan ia shalat witir di atasnya. Dan ia memberitahukan bahwa Nabi SAW dahulu pernah melakukan demikian itu. [HR. Bukhari juz 2, hal. 37]
Tentang mengusap khuff dalam safar.
عَنِ اْلمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ: كُنْتُ مَعَ النَّبِيّ ص فِى سَفَرٍ فَقَالَ: يَا مُغِيْرَةُ، خُذِ اْلاِدَاوَةَ. فَاَخَذْتُهَا. ثُمَّ خَرَجْتُ مَعَهُ. فَانْطَلَقَ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى تَوَارَى عَنّى فَقَضَى حَاجَتَهُ. ثُمَّ جَاءَ وَ عَلَيْهِ جُبَّةٌ شَامِيَّةٌ ضَيّقَةُ اْلكُمَّيْنِ. فَذَهَبَ يُخْرِجُ يَدَهُ مِنْ كُمّهَا فَضَاقَتْ عَلَيْهِ. فَاَخْرَجَ يَدَهُ مِنْ اَسْفَلِهَا فَصَبَبْتُ عَلَيْهِ فَتَوَضَّأَ وُضُوْءَهُ لِلصَّلاَةِ. ثُمَّ مَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ ثُمَّ صَلَّى. مسلم 1: 229
Dari Mughirah bin Syu’bah, ia berkata : Dahulu aku pernah bepergian bersama Nabi SAW, lalu beliau bersabda, “Hai Mughirah, ambilkan ember berisi air”. Maka aku mengambilkannya. Kemudian aku keluar bersama beliau, lalu beliau memisahkan diri hingga tidak terlihat dariku, dan beliau buang hajat. Kemudian beliau datang, ketika itu beliau memakai jubbah buatan Syam yang ujung lengannya sempit. Lalu beliau mengeluarkan tangannya dari lengan baju yang sempit itu. Kemudian beliau mengeluarkan tangannya dari bawahnya. Lalu aku menuangkan air, dan beliau berwudlu untuk shalat. Kemudian beliau mengusap pada kedua khuff beliau, lalu shalat. [HR.Muslim juz 1, hal. 229]
عَنْ شُرَيْخِ بْنِ هَانِئٍ قَالَ: اَتَيْتُ عَائِشَةَ اَسْأَلُهَا عَنِ اْلمَسْحِ عَلَى اْلخُفَّيْنِ فَقَالَتْ: عَلَيْكَ بِابْنِ اَبِى طَالِبٍ، فَسَلْهُ، فَاِنَّهُ كَانَ يُسَافِرُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص. فَسَأَلْنَاهُ، فَقَالَ: جَعَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص ثَلاَثَةَ اَيَّامٍ وَ لَيَالِيَهُنَّ لِلْمُسَافِرِ، وَ يَوْمًا وَ لَيْلَةً لِلْمُقِيْمِ. مسلم 1: 232
Dari Syuraikh bin Hani’, ia berkata : Aku datang kepada ‘Aisyah untuk bertanya tentang mengusap dua khuff, maka ‘Aisyah berkata, “Datanglah kepada ‘Ali bin Abi Thalib, tanyalah kepadanya, karena ia pernah bepergian bersama Rasulullah SAW”. Maka kami bertanya kepadanya, lalu ‘Ali menjawab, “Rasulullah SAW menentukan tiga hari tiga malam (boleh tidak membuka khuff) bagi musafir, dan sehari semalam bagi orang yang muqim”. [HR. Muslim juz 1, hal. 232]
عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَأْمُرُنَا اِذَا كُنَّا سَفْرًا اَنْ لاَ نَنْزَعَ خِفَافَنَا ثَلاَثَةَ اَيَّامٍ وَ لَيَالِيَهُنَّ اِلاَّ مِنْ جَنَابَةٍ وَ لكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَ بَوْلٍ وَ نَوْمٍ. الترمذى و قال: هذا حديث حسن صحيح و قال: هذا حديث حسن صحيح 1: 65
Dari Shafwan bin ‘Assaal, ia berkata, “Adalah Nabi SAW menyuruh kami, apabila kami sedang musafir, bahwa kami tidak usah membuka khuff (sepatu yang menutupi mata kaki) selama tiga hari tiga malam, kecuali jika junub, akan tetapi kebolehan itu lantaran berak, kencing dan tidur”. [HR. Tirmidzi dan ia berkata : Ini hadits hasan shahih, juz 1, hal. 65]
Tentang tayammum dalam safar.
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّهَا قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى بَعْضِ اَسْفَارِهِ حَتَّى اِذَا كُنَّا بِاْلبَيْدَاءِ (اَوْ بِذَاتِ اْلجَيْشِ) انْقَطَعَ عِقْدٌ لِى فَاَقَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى اْلتِمَاسِهِ. وَ اَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ وَ لَيْسُوْا عَلَى مَاءٍ وَ لَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ. فَاتَى النَّاسُ اِلىَ اَبِى بَكْرٍ فَقَالُوْا: اَلاَ تَرَى اِلَى مَا صَنَعَتْ عَائِشَةُ؟ اَقَامَتْ بِرَسُوْلِ اللهِ ص وَ بِالنَّاسِ مَعَهُ وَ لَيْسُوْا عَلَى مَاءٍ. وَ لَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ. فَجَاءَ اَبُوْ بَكْرٍ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَاضِعٌ رَأْسَهُ عَلَى فَخِذِى قَدْ نَامَ. فَقَالَ: حَبَسْتِ رَسُوْلَ اللهِ ص وَ النَّاسَ وَ لَيْسُوْا عَلَى مَاءٍ وَ لَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ. قَالَتْ فَعَاتَبَنِى اَبُوْ بَكْرٍ. وَ قَالَ مَا شَاءَ اللهُ اَنْ يَقُوْلَ، وَ جَعَلَ يَطْعُنُ بِيَدِهِ فِى خَاصِرَتِى، فَلاَ يَمْنَعُنِى مِنَ التَّحَرُّكِ اِلاَّ مَكَانُ رَسُوْلِ اللهِ ص عَلَى فَخِذِى. فَنَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى اَصْبَحَ عَلَى غَيْرِ مَاءٍ، فَاَنْزَلَ اللهُ آيَةَ التَّيَمُّمِ فَتَيَمَّمُوْا. فَقَالَ اُسَيْدُ بْنُ اْلحُضَيْرِ (وَ هُوَ اَحَدُ النُّقَبَاءِ) مَا هِيَ بِاَوَّلِ بَرَكَتِكُمْ يَا آلَ اَبِى بَكْرٍ. فَقَالَتْ عَائِشَةُ: فَبَعَثْنَا اْلبَعِيْرَ الَّذِى كُنْتُ عَلَيْهِ. فَوَجَدْنَا اْلعِقْدَ تَحْتَهُ. مسلم 1: 279
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW dalam suatu perjalanan beliau. Ketika sampai di Baidaa’ (Dzatul Jaisy), kalungku putus. Maka beliau berhenti lalu mencarinya, dan orang-orang pun ikut mencarinya, padahal mereka tidak mempunyai air sama sekali. Kemudian orang-orang mendatangi Abu Bakar, lalu berkata, “Tidakkah kamu melihat apa yang diperbuat ‘Aisyah ? Ia menghentikan Rasulullah SAW dan orang-orang yang bersama beliau, padahal mereka tidak mempunyai air sedikitpun juga ?”. Kemudian Abu Bakar mendatangiku, sedangkan Rasulullah SAW tidur dengan meletakkan kepala beliau di atas pahaku. Abu Bakar berkata, “Kamu telah menahan Rasulullah SAW dan orang-orang, padahal mereka tidak mempunyai air sama sekali”. Ia mencelaku dan berkata “Maa syaa-allooh” perkataan yang banyak sekali, lalu tangan beliau menyodok pinggangku dan tidak ada yang menahanku bergerak kecuali karena Rasulullah SAW berada di atas pahaku. Beliau tidur sampai pagi tanpa ada air sedikitpun. Kemudian Allah menurunkan ayat tentang tayammum, lalu mereka bertayammum”. Sehubungan dengan itu Usaid bin Hudlair (salah seorang pemimpin) berkata, “Itu bukanlah baru yang pertama kali berkah lantaran kamu, hai keluarga Abu Bakar”. ‘Aisyah berkata, “Kemudian kami mencari unta yang aku kendarai, maka kami dapatkan kalung itu di bawahnya”. [HR. Muslim juz 1, hal. 279]
عَنْ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ رض قَالَ: بَعَثَنِى النَّبِيُّ ص فِى حَاجَةٍ فَاَجْنَبْتُ فَلَمْ اَجِدِ اْلمَاءَ فَتَمَرَّغْتُ فِى الصَّعِيْدِ كَمَا تَتَمَرَّغُ الدَّابَّةُ، ثُمَّ اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص فَذَكَرْتُ لَهُ ذلِكَ فَقَالَ: اِنَّمَا يَكْفِيْكَ اَنْ تَقُوْلَ بِيَدَيْكَ هكَذَا. ثُمَّ ضَرَبَ بِيَدَيْهِ اْلاَرْضَ ضَرْبَةً وَاحِدَةً، ثُمَّ مَسَحَ الشّمَالَ عَلَى اْليَمِيْنِ، وَ ظَاهِرَ كَفَّيْهِ وَ وَجْهَهُ. البخارى و مسلم و اللفظ لمسم، فى بلوغ المرام: 26، رقم 139
Dari ‘Ammar bin Yasir RA, ia berkata : Nabi SAW mengutus saya dalam suatu keperluan, lalu saya berjunub, tetapi tidak mendapatkan air. Maka aku berguling di tanah sebagaimana binatang berguling, kemudian saya datang kepada Nabi SAW dan menceritakan hal itu kepada beliau. Maka beliau bersabda, “Sebenarnya cukup bagimu dengan kedua tanganmu melakukan begini”. Lalu beliau menepukkan kedua tangan beliau ke tanah dengan sekali tepukan, kemudian beliau mengusapkan tangan kiri pada tangan kanannya, dan punggung kedua tapak tangan, dan wajah beliau. [HR. Bukhari dan Muslim, dan lafadh ini bagi Muslim, dalam Bulughul Maram hal. 26, no. 139]
Shalat sepulang dari safar.
عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ بَدَأَ بِاْلمَسْجِدِ فَرَكَعَ فِيْهِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ جَلَسَ لِلنَّاسِ. ابو داود 3: 88
Dari Ka’ab bin Malik, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila datang dari bepergian, beliau masuk ke masjid, lalu shalat dua rekaat di dalamnya, kemudian beliau duduk untuk melayani orang-orang”. [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 88]
Jama’ di kota sendiri.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ شَقِيْقٍ قَالَ: خَطَبَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ يَوْمًا بَعْدَ اْلعَصْرِ حَتَّى غَرَبَتِ الشَّمْسُ وَ بَدَتِ النُّجُوْمُ، وَ جَعَلَ النَّاسُ يَقُوْلُوْنَ: اَلصَّلاَةَ، اَلصَّلاَةَ. قَالَ: فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى تَمِيْمٍ لاَ يَفْتُرُ وَ لاَ يَنْثَنِى: اَلصَّلاَةَ، اَلصَّلاَةَ. فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: اَتُعَلّمُنِى بِالسُّنَّةِ؟ لاَ اُمَّ لَكَ! ثُمَّ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَ اْلعَصْرِ، وَ اْلمَغْرِبِ وَ اْلعِشَاءِ. قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ شَقِيْقٍ: فَحَاكَ فِى صَدْرِى مِنْ ذلِكَ شَيْءُ، فَاَتَيْتُ اَبَا هُرَيْرَةَ فَسَأَلْتُهُ، فَصَدَّقَ مَقَالَتَهُ. مسلم 1: 491
Dari ‘Abdullah bin Syaqiq, ia berkata : Pada suatu hari setelah ‘Ashar Ibnu ‘Abbas berkhutbah di hadapan kami hingga matahari terbenam dan muncullah bintang-bintang. Orang-orang sama berkata, “Shalat, shalat”. Kemudian datanglah seorang laki-laki dari Bani Tamim yang lugu dan bersahaja seraya berkata, “Shalat, shalat”. Ibnu ‘Abbas berkata, “Apakah kamu akan mengajariku tentang sunnah ? Celaka kamu”. Kemudian Ibnu ‘Abbas berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah SAW menjama’ antara shalat Dhuhur dan ‘Ashar, Maghrib dan ‘Isyak”. ‘Abdullah bin Syaqiq berkata, “Aku masih ragu tentang hal itu, lalu aku datang kepada Abu Hurairah untuk menanyakan hal itu, dan ia membenarkan apa yang dikatakan ‘Ibnu ‘Abbas itu”. [HR. Muslim juz 1, hal. 491]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: جَمَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص بَيْنَ الظُّهْرِ وَ اْلعَصْرِ وَ اْلمَغْرِبِ وَ اْلعِشَاءِ بِاْلمَدِيْنَةِ فِى غَيْرِ خَوْفٍ وَ لاَ مَطَرٍ. مسلم 1: 491
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah menjama’ antara shalat Dhuhur dan ‘Ashar, Maghrib dan ‘Isyak di Madinah, bukan karena takut dan bukan karena hujan”. [HR. Muslim juz 1, hal. 491]
فى حديث وكيع، قال: قُلْتُ ِلابْنِ عَبَّاسٍ. لِمَ فَعَلَ ذلِك؟ قَالَ: كَيْ لاَ يُحْرِجَ اُمَّتَهُ. مسلم 1: 491
Dalam hadits yang melalui sanad Waqi’ disebutkan, ia berkata : Aku bertanya kepada Ibnu ‘Abbas, “Kenapa beliau melakukan yang demikian ?”. Ibnu ‘Abbas menjawab, “Supaya tidak memberatkan ummatnya”. [HR. Muslim juz 1, hal. 491]
و فى حديث ابى معاوية، قِيْلَ ِلابْنِ عَبَّاسٍ. مَا اَرَادَ اِلَى ذلِكَ؟ قَالَ: اَرَادَ اَنْ لاَ يُحْرِجَ اُمَّتَهُ. مسلم 1: 491
Adapun dalam hadits yang melalui sanad Abu Mu’awiyah disebutkan, Ada yang bertanya kepada Ibnu ‘Abbas, “Apa yang beliau kehendaki dengan melakukan yang demikian itu ?”. Ibnu ‘Abbas menjawab, “Beliau menghendaki agar tidak memberatkan ummatnya”. [HR. Muslim juz 1, hal. 491]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَلَّى بِاْلمَدِيْنَةِ سَبْعًا وَ ثَمَانِيًا. الظُّهْرَ وَ اْلعَصْرَ وَ اْلمَغْرِبَ وَ اْلعِشَاءَ. مسلم 1: 491
Dari Ibnu ‘Abbas bahwasanya Rasulullah SAW pernah shalat di Madinah tujuh rekaat dan delapan rekaat. Dhuhur dengan ‘Ashar, dan Maghrib dengan ‘Isyak. [HR. Muslim juz 1, hal. 491]
Entry title: 060319 Shalat Safar (2)
Rating: 100%
votes: 99998 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: Fadjar Stempel
Item Reviewed: 060319 Shalat Safar (2)
Rating: 100%
votes: 99998 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: Fadjar Stempel
Item Reviewed: 060319 Shalat Safar (2)