Membaca Basmalah :
عَنْ اَبىِ هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَجْهَرُ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW membaca Bismillaahir rohmaanir rohiim dengan jahr. [HR. Daruquthni juz 1, hal. 307]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَجْهَرُ بِاْلقِرَاءَةِ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى
Dari Anas, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW membaca Bismillaahir rohmaanir rohiim dengan jahr. [HR. Daruquthni juz 1, hal. 309]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَرَأْتُمُ اْلحَمْدُ ِللهِ فَاقْرَءُوْا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اِنَّهَا اُمُّ اْلقُرْانِ وَ اُمُّ اْلكِتَابِ وَ السَّبْعُ اْلمَثَانِى وَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اِحْدَاهَا. الدارقطنى
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian membaca Alhamdu lillaah (Al-Fatihah), maka bacalah Bismillaahir rohmaanir rohiim. Sesungguhnya Al-Fatihah itu adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab dan Tujuh (ayat) yang diulang-ulang, dan Bismillaahir rohmaanir rohiim adalah salah satu dari padanya”. [HR. Daraquthni juz 1, hal. 312]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبيَّ ص كَانَ اِذَا قَرَأَ وَ هُوَ يَؤُمُّ النَّاسَ افْتَتَحَ الصَّلاَةَ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW apabila menjadi imam, beliau memulai bacaan shalat dengan Bismillaahir rohmaanir rohiim". [HR. Daraquthni juz 1, hal. 306]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ اَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ فَلَمْ اَسْمَعْ اَحَدًا مِنْهُمْ يَقْرَأُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مسلم
Dari Anas, ia berkata : Aku pernah shalat bersama Rasulullah SAW, Abu Bakar, ‘Umar dan ‘Utsman, maka aku tidak mendengar seorangpun dari mereka itu membaca Bismillaahir rohmaanir rohiim”. [HR. Muslim juz 1, hal. 299]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبيّ ص وَ اَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ فَكَانُوْا يَسْتَفْتِحُوْنَ بِاْلحَمْدُ للهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ. لاَ يَذْكُرُوْنَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فِى اَوَّلِ قِرَاءَةٍ وَ لاَ فِى اخِرِهَا. مسلم
Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Aku pernah shalat di belakang Nabi SAW, Abu Bakar, ‘Umar dan ‘Utsman, maka mereka itu memulai dengan Alhamdu lillaahi robbil 'aalamiin. Mereka tidak menyebutBismillaahir rohmaanir rohiim di permulaan bacaan dan tidak pula pada akhirnya (Basmalah untuk mulai membaca surat). [HR. Muslim juz 1, hal. 299].
Keterangan :
Pada hadits riwayat Daruquthni diatas menunjukkan bahwa kita dituntunkan untuk membaca Basmalah sebelum membaca Al-Fatihah. Adapun pada hadits riwayat Muslim tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW dan sebagian dari para shahabatnya memulai bacaan dengan Hamdalah.
Dari riwayat-riwayat tadi bisa kita fahami bahwa bacaan Basmalah itu kadang dibaca Jahr (nyaring) sebagaimana diriwayatkan Daruquthni tadi, dan kadang dibaca Sirr (tidak nyaring) sebagaimana diriwayatkan Muslim tersebut.
Membaca Al-Fatihah
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. البخارى
Dari ‘Ubadah bin Shaamit bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 184]
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْتَرِئْ بِاُمّ اْلقُرْانِ. مسلم
Dari ‘Ubadah bin Shaamit ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Ummul Qur’an”. [HR. Muslim juz 1, hal. 295]
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ صَلاَةَ لمِنْ لمَْ يَقْرَأْ بِاُمّ اْلقُرْانِ. مسلم
Dari ‘Ubadah bin Shaamit bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Ummul Qur’an (Al-Fatihah)”. [HR. Muslim juz 1, hal. 295]
Allah Menjawab Bacaan Al-Fatihah
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ يَقْرَأْ فِيْهَا بِأُمّ اْلقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ. ثَلاَثًا، غَيْرُ تَمَامٍ. فَقِيْلَ ِلاَبِى هُرَيْرَةَ: اِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ اْلاِمَامِ. فَقَالَ: اِقْرَأْ بِهَا فِى نَفْسِكَ. فَإِنّى سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَعَالَى: قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِى وَ بَيْنَ عَبْدِى نِصْفَيْنِ. وَ لِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ اْلعَبْدُ: اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: حَمِدَنِى عَبْدِى. وَ إِذَا قَالَ: اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: اَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِى.وَ إِذَا قَالَ: مَالِكِ يَوْمِ الدّيْنِ، قَالَ: مَجَّدَنِى عَبْدِى (وَقَالَ مَرَّةً: فَوَّضَ اِلَيَّ عَبْدِى). فَإِذَا قَالَ: اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ اِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ، قَالَ: هذَا بَيْنِى وَ بَيْنَ عَبْدِى وَ لِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ: اِهْدِنَا الصّرَاطَ اْلمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، قَالَ: هذَا لِعَبْدِى وَ لِعَبْدِى مَا سَأَلَ. مسلم
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Barangsiapa yang shalat tidak membaca Ummul Qur'an (Al-Fatihah) padanya, maka shalatnya itu kurang". (Beliau bersabda demikian tiga kali). "Tidak sempurna". Lalu Abu Hurairah ditanya : "Sesungguhnya kami shalat di belakang imam (lalu bagaimana kami harus berbuat) ?". Abu Hurairah menjawab, "Bacalah di hatimu. Karena saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Allah Ta'aalaa berfirman : Aku membagi Ash-Shalah (Al-Fatihah) antara-Ku dan antara hamba-Ku menjadi dua bagian. Dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta. Maka apabila hamba mengucapkan Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, Allah Ta'aalaa menjawab, "Hamba-Ku telah memuji-Ku". Apabila ia mengucap Ar-Rohmaanir Rohiim, Allah Ta'aalaa menjawab, "Hamba-Ku telah menyanjung-Ku". Apabila ia mengucap Maaliki yaumid diin, Allah menjawab, "Hamba-Ku telah mengagungkan Aku", dan juga berfirman, "Hamba-Ku berserah diri kepada-Ku". Apabila ia mengucap Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin, Allah menjawab, "Ini adalah antara-Ku dan antara hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta". Dan apabila ia mengucapkan Ihdinash-shiroothol mustaqiim shirootholladziina an'amta 'alaihim ghoiril maghdluubi 'alaihim waladldloolliin, Allah menjawab, "Ini adalah untuk hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta". [HR. Muslim, Juz I hal 296].
Membaca Amin.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا تَلاَ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، قَالَ: آمِيْنَ، حَتَّى يُسْمِعَ مَنْ يَلِيْهِ مِنَ الصَّفّ اْلاَوَّلِ. ابو داود، فى نيل الاوطار
Dari Abu Hurairah, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila setelah membaca ghoiril maghdluubi 'alaihim wa ladldlooliin, lalu mengucap aamiin sehingga terdengar kepada orang yang dekat dengan beliau dishaff yang pertama". [HSR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 250]
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَرَأَ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، فَقَالَ: آمِيْنَ. يَمُدُّ بِهَا صَوْتَهُ. احمد و ابو داود والترمذى، فى نيل الاوطار
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, "Saya pernah mendengar Nabi SAW membaca ghoiril maghdluubi 'alaihim wa ladl-dloolliin, lalu beliau mengucap aamiin, dan beliau panjangkan suaranya". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 250]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا أَمَّنَ اْلاِمَامُ فَأَمّنُوْا، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: وَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقُوْلُ آمِيْنَ. البخارى
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda “Apabila Imam membaca aamiin, maka bacalah aamiin. Karena barangsiapa yang bacaan aamiinnya itu bertepatan dengan bacaan aamiinnya para malaikat, niscaya diampuni baginya dari dosa-dosanya yang telah lalu”. Ibnu Syihab (perawi hadits tersebut) berkata, “Dan Rasulullah SAW membaca aamiin”. [HR. Bukhari, juz 1, hal. 190].
عَنْ ابِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالّيْنَ، فَقُوْلُوْا امِيْنَ. فَاِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. البخارى
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Apabila imam telah membaca ghoiril maghdluubi ‘alaihim waladldloolliin, maka ucapkanlah aamiin, karena barangsiapa yang ucapannya itu bersamaan dengan ucapan malaikat, niscaya diampuni baginya dosanya yang telah lalu”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 190]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ: غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالّيْنَ، فَقُوْلُوْا: آمِيْنَ. فَإِنَّ اْلمَلاَئِكَةَ تَقُوْلُ آمِيْنَ. وَ إِنَّ اْلاِمَامَ يَقُوْلُ آمِيْنَ. فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. النسائى
Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila Imam telah membaca ghoiril maghdluubi'alaihim wa ladldloolliin, maka ucapkanlah aamin, karena sesungguhnya para malaikat mengucapkan aamiin. Dan sesungguhnya imam juga membaca aamiin, maka barang siapa yang bacaan aamiin nya itu bertepatan dengan bacaan aamiin nya para malaikat, niscaya diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu". [HR. Nasai juz 2, hal 144]
Membaca Surat atau Ayat-ayat Al-Qur'an
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ قَالَ: أُمِرْنَا اَنْ نَقْرَأَ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ وَ مَا تَيَسَّرَ. ابو داود
Dari Abu Sa'id, ia berkata, "Kami diperintah (oleh Rasulullah SAW) supaya membaca Al-Fatihah dan apa-apa (ayat atau surat) yang mudah". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 216]
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ فِى اْلاُولَيَيْنِ بِأُمّ اْلكِتَابِ وَ سُوْرَتَيْنِ، وَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُخْرَيـَيْنِ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. وَ يُسْمِعُنَا اْلآيَةَ أَحْيَانًا، وَ يُطَوّلُ فِى الرَّكْعَةِ اْلاُوْلَى مَا لاَ يُطِيْلُ فِى الثَّانِيَةِ، هكَذَا فِى اْلعَصْرِ، وَ هكَذَا فِى الصُّبْحِ. احمد والبخارى و مسلم، فى نيل الاوطار
Dari Abu Qatadah, bahwasanya Nabi SAW biasa membaca di dalam shalat Dhuhur, pada dua rekaat yang pertama Al-Fatihah dan dua surat, dan pada dua rekaat yang lain beliau membaca Al-Fatihah, dan kadang-kadang beliau memperdengarkan ayat (yang beliau baca) kepada kami. Dan beliau memanjangkan pada rekaat yang pertama dan tidak memanjangkan pada rekaat yang kedua. Demikian itu pula beliau berbuat dalam shalat 'Ashar dan demikian juga dalam shalat Shubuh" [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal 252]
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى صَلاَةِ الظُّهْرِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُوْلَيَيْنِ فِى كُلّ رَكْعَةٍ قَدْرَ ثَلاَثِيْنَ آيَةً، وَ فِى اْلاُخْرَيَيْنِ قَدْرَ قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشَرَةَ آيَةً. اَوْ قَالَ نِصْفَ ذلِكَ. وَ فِى اْلعَصْرِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُوْلَيَيْنِ فِى كُلّ رَكْعَةٍ قَدْرَ قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشَرَةَ آيَةً، وَ فِى اْلاُخْرَيَيْنِ قَدْرَ نِصْفِ ذلِكَ. احمد و مسلم، فى نيل الاوطار
Dari Abu Sa'id Al-Khudri, bahwasanya Nabi SAW biasa membaca di dalam shalat Dhuhur, pada dua rekaat yang pertama pada masing-masing rekaat seukur tiga puluh ayat, dan pada dua rekaat yang lain seukur bacaan lima belas ayat, atau ia berkata "separo dari itu". Dan dalam shalat 'Ashar, pada dua rekaat yang pertama, masing-masing rekaat seukur bacaan lima belas ayat, dan pada dua rekaat yang lain seukur separo dari itu" [HR. Ahmad dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal 254]
Keterangan :
Dari Hadits tersebut ada ulama yang memahami boleh membaca surat pada tiap-tiap rekaat.
Entry title: 050220 Shalat (12)
Rating: 100%
votes: 99998 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: Fadjar Stempel
Item Reviewed: 050220 Shalat (12)
Rating: 100%
votes: 99998 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: Fadjar Stempel
Item Reviewed: 050220 Shalat (12)